Pengertian Arsitektur Komputer
Dalam
bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer
. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memoru
cache, RAM, ROM, cakram keras dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah arsitektur Von Naumann CISC, RISC, blue gene dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai
ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat
keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
· Set Instruksi (ISA)
· Arsitektur mikro dari ISA, dan
· Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat
keras komputer ini.
Arsitektur
komputer merupakan suatu hal yang sangat penting karena dapat memberikan
berbagai atribut pada sistem komputer, hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi
perancang atau user software sistem
dalam mengembangkan suatu program.
Klasifikasi
Arsitektur Komputer :
Arsitektur Von Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Pada perkembangan
komputer modern, setiap prosesor terdiri dari atas :
- Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Arithmatic and Logic
Unit atau Unit Aritmetika dan Logika berfungsi untuk melakukan semua
perhitungan aritmatika (matematika) dan logika yang terjadi sesuai dengan
instruksi program. ALU menjalankan operasi penambahan, pengurangan, dan
operasi-operasi sederhana lainnya pada input-inputnya dan memberikan hasilnya
pada register output.
- Register.
Register merupakan
alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang
digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggugiliran untukdiproses
masihdisimpan yang menunggugiliran untukdiproses masihdisimpan di dalam memori
utama. Setiap register dapat menyimpan satu bilangan hingga mencapai jumlah
maksimum tertentu tergantung pada ukurannya.
- Control Unit
Control Unit atau Unit
Kontrol berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program. Unit ini
juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari
alat input ke memori utama dan mengambil data dari memori utama untuk diolah.
Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika,
maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari
pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk
disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
- Bus
Bus adalah sekelompok
lintasan sinyal yang digunakan untuk menggerakkan bit-bit informasi dari satu
tempat ke tempat lain, dikelompokkan menurut fungsinya Standar bus dari suatu
sistem komputer adalah bus alamat (address bus), bus data (data bus) dan bus
kontrol (control bus). Komputer menggunakan suatu bus atau saluran bus
sebagaimana kendaraan bus yang mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat
lain, maka bus komputer mengangkut data. Bus komputer menghubungkan CPU pada
RAM dan periferal. Semua komputer menggunakan saluran busnya untuk maksud yang
sama.
Ukuran
kecepatan prosesor adalah:
Hertz, yaitu jumlah clock
atau ketukan prosesor tiap satu detik. Untuk prosesor modern memakai satuan
Megahertz atau Gigahertz.
Megahertz atau Gigahertz.
MIPS, singkatan dari
Million Instruction Per Second, yaitu jumlah instruksi dalam juta tiap satu
detik.
Flops, singkatan dari Floating Point per Second, yaitu jumlah perhitungan floating point tiap satu detik.
Floating point adalah metode untuk menuliskan bilangan dengan mantisa, contoh: 3 x 10-5.
Fractions of a second, yaitu waktu eksekusi relatif dari suatu instruksi pada sistem komputer.
Flops, singkatan dari Floating Point per Second, yaitu jumlah perhitungan floating point tiap satu detik.
Floating point adalah metode untuk menuliskan bilangan dengan mantisa, contoh: 3 x 10-5.
Fractions of a second, yaitu waktu eksekusi relatif dari suatu instruksi pada sistem komputer.
Jenis bus yang telah didukung oleh sistem komputer saat ini adalah:
ISA,
singkatan dari Industry Standard Architecture, merupakan jenis bus standar
pertama yang digunakan industri. Bus ISA beroperasi pada kecepatan 8.33 MHz.
Versi perkembangan dari ISA adalah
EISA (Extended ISA).
PCI, singkatan dari Peripheral Component Interconnect bus, merupakan jenis bus yang dikembangkan dan dipatenkan oleh Intel pada tahun 1990. Versi pertama PCI beroperasi pada kecepatan 33 MHz
dengan bandwidth 133 MB/dtk. PCI 2.0 diperkenalkan tahun 1993 dan PCI 2.1 tahun 1995 dengan bandwidth 528 MB/dtk.
AGP, singkatan dari Accelerator Graphic Port, merupakan bus hasil perkembangan dari PCI yang dikhususkan untuk pemrosesan data grafik dan video.
USB, singkatan dari Universal Serial Bus, pada awalnya dikembangkan secara bersama-sama oleh tujuh perusahaan, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Saat ini USB telah
menjadi standar yang digunakan secara luas dalam Personal Computer
EISA (Extended ISA).
PCI, singkatan dari Peripheral Component Interconnect bus, merupakan jenis bus yang dikembangkan dan dipatenkan oleh Intel pada tahun 1990. Versi pertama PCI beroperasi pada kecepatan 33 MHz
dengan bandwidth 133 MB/dtk. PCI 2.0 diperkenalkan tahun 1993 dan PCI 2.1 tahun 1995 dengan bandwidth 528 MB/dtk.
AGP, singkatan dari Accelerator Graphic Port, merupakan bus hasil perkembangan dari PCI yang dikhususkan untuk pemrosesan data grafik dan video.
USB, singkatan dari Universal Serial Bus, pada awalnya dikembangkan secara bersama-sama oleh tujuh perusahaan, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Saat ini USB telah
menjadi standar yang digunakan secara luas dalam Personal Computer
Arsitektur & Organisasi Komputer (Multiprocessor)
MULTIPROCESSOR
- Pengertian
Multiprocessor adalah sistem komputer dengan dua atau lebih CPU identik yang membagi akses
secara penuh kepada common RAM (Shared Memory MultiProcessor).
Pengertian lainnya multiprocessing dalam
teknologi informasi adalah :
1. Dukungan sebuah sistem
untuk mendukung lebih dari satu processor dan mengalokasikan tugas kepada
prosesor-prosesor tersebut.
2. Kemampuan esksekusi
terhadap beberapa proses perangkat lunak dalam sebuah sistem secara
serentak.
Beberapa
proses terpisah dialokasikan di dalam memory. Ruang alamat proses terdiri dari
halaman – halaman sehingga hanya sebagian saja dari proses tersebut yang berada
dalam memory pada satu waktu. Hal ini memungkinkan banyak prosesdapat aktif.
Sistem
multiprosesor yakni :
ü Terlihat bahwa memori dibagi secara merata ke semua prosesor
ü Semua prosesor mempunyai waktu akses yang sama ke semua word memori
ü Setiap prosesor menggunakan private cache
- Kelebihan Multiprocessor
a. Peningkatan throughput, karena lebih banyak proses/thread yang berjalan
dalam satu waktu sekaligus (jika proses yang antri di ready queue sedikit).
Perlu diingat hal ini tidak berarti daya komputasinya menjadi meningkat
sejumlah prosesornya. Yang meningkat adalah jumlah pekerjaan yang bisa
dilakukannya dalam waktu tertentu.
b. Economy of
sale (ekonomis), ekonomis dalam devices yang dibagi bersama-sama.
Prosesor-prosesor terdapat dalam satu komputer dan dapat membagi peripheral
(ekonomis) seperti disk dan catu daya listrik.
c. Peningkatan
kehandalan (reliabilitas), jika satu prosesor mengalami suatu gangguan, maka
proses yang terjadi masih dapat berjalan dengan baik karena tugas prosesor yang
terganggu diambil alih oleh prosesor lain. Hal ini dikenal dengan istilah
Graceful Degradation. Sistemnya sendiri dikenal bersifat fault tolerant atau
failoft system.
- Jenis – jenis Multiprocessor Multiprocessing dapat dibagi ke dalam beberapa kelas, yakni:
Berdasarkan simetrinya, multiprocessing dapat dibagi ke dalam
Pendekatan pertama untuk Multiprocessor Scheduling adalah
asymmetric multiprocessingScheduling atau biasa disebut juga sebagai
penjadwalan Master Slave MultiProcessor. Dimana pada metode ini satu prosesor
bertindak sebagai master dan prosesor lainnya sebagai slave. Master Processor
bertugas untuk menjadualkan dan mengalokasikan proses yang akan dijalankan oleh
Slave Processors. Master Processor melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan
System, Slave Processor melayani user requests dalam pengeksekusian program.
Pemrosesan yang banyak tidak menyebabkan penurunan performance.
Metode ini sederhana karena hanya satu prosesor yang mengakses
struktur data sistem dan juga mengurangi data sharing. Sebagai contoh, prosesor
master memilih proses yang akan dieksekusi, kemudian mencari prosesor yang
available, dan memberikan instruksi start processor. Prosesor slave memulai
eksekusi pada lokasi memori yang dituju. Saat slave mengalami sebuah kondisi
tertentu, prosesor slave memberi interupsi kepada prosesor master dan berhenti
untuk menunggu perintah selanjutnya. Perlu diketahui bahwa prosesor slave yang
berbeda dapat ditujukan untuk suatu proses yang sama pada waktu yang berbeda.
Master processor dapat mengeksekusi OS dan menangani I/O, sedangkan sisanya processor
tidak punya kemampuan I/O dan disebut sebagai Attached Processor (Aps). APs
mengeksekusi kodekode user dibawah pengawasan master processor.
Pada Komputer stand alone dengan karakteristik berikut (William
Stallings):
•
Dua
atau lebih processor yang sama dengan kapasitas yang sebanding
•
Processor
membagi I/O dan memory yang sama
•
Processor
terkoneksi oleh bus atau koneksi internal lainya
•
Waktu
akses moemory kira-kira sama pada setiap processor
•
Seluruh
processor membagi akses I/O baik pada chanel yang sama maupun berbeda dengan
memberikan path ke device yang sama
•
Seluruh
Processor mengerjakan fungsi yang sama (hence symetric)
•
Sistem
dikontrol oleh OS yang terintegrasi menyediakan interaksi antara processor atau
interaksi terjadi pada job, task, file, data pada level-level elemen.
•
SMP
merupakan Tightly Coupled System
•
Mempunyai
lebih dari satu prosesor
•
Dapat
berkomunikasi
•
Membagi
bus, clock, perangkat memory, dan peripheral.
•
Setiap
prosesor menjalankan sistem operasi yang identik dan komunikasi antar prosesor
jika diperlukan
Penjadwalan SMP
adalah pendekatan kedua untuk Multiprocessor Scheduling. Pada metode ini setiap
prosesor menjadwalkan dirinya sendiri (self scheduling). Penjadwalan
terlaksana dengan menjadwalkan setiap prosesor untuk memeriksa antrian ready
dan memilih suatu proses untuk dieksekusi. Jika suatu sistem Multiprocessor
Scheduling mencoba untuk mengakses dan mengupdate suatu struktur data,
penjadwal dari prosesor-prosesor tersebut harus diprogram dengan hati-hati,
kita harus yakin bahwa dua prosesor tidak memilih proses yang sama dan proses
tersebut tidak hilang dari antrian. Secara virtual, semua sistem operasi modern
mendukung SMP, termasuk Windows XP, Windows 2000, Windows Vista, Solaris,
Linux, Mac OS X, OS/2 Warp Server 4.0 , OS/2 for SMP 2.11, Windows NT 4.0
, Novell NetWare 4.1 SMP, Novell UnixWare SMP 2.0 , SCO Open Server 5.0
with SCO MPX 3.0 , Banyan Vines , Symbian OS (Mobile Device)
Permasalahan pada Multiprocessor Scheduling
1) Load sharing :
dapat terjadi apabila proses yang jalan di satu prosesor overload sehingga
sebagian proses berpindah ke prosesor yang lain
2) Time Sharing :
masing – masing proses akan dijalankan bila terdapat CPU yang telah
menyelesaikan job nya
3) Space Sharing:
multiple threads dalam waktu yang sama masuk ke multiple CPUs
4) Gang
scheduling: semua thread berasal dari proses yang running pada suatu waktu
ü Non-uniform memory access (NUMA) multiprocessing
Non-Uniform Memory Access atau Non-Uniform Memory Arsitektur
(NUMA) adalah memori komputer Rancangan yang digunakan dalam multiprocessors ,
dimana waktu akses memori tergantung pada lokasi memori relatif terhadap
prosesor. Under NUMA, Dalam NUMA, prosesor atau NUMA multiprocessor adalah
sebuah sistem shared memory dimana waktu aksesnya bervariasi ke lokasi memori
word.
Sumber : http://sumub-lor.blogspot.com/2014/01/arsitektur-sistem-komputer-van-noumann_13.html
http://diannovitaunindra.blogspot.com/2013/06/informasi-tagihan-internet-pt-telekom.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar